Video Kakatua Dengar Musik


Kakatua ini bernama Snowball. Burung unik ini berhasil memukau para ilmuwan dan membuat mereka mengevaluasi ulang opini tentang kecerdasan burung.

Burung 13 tahun ini bisa menggerakkan tubuhnya layaknya berjoget saat mendengar musik. Alhasil, kaktua ini berhasil menjadi bintang di internet.

Di sisi lain, ilmuwan menerima gerakan burung ini sebagai bukti manusia bukan satu-satunya makhluk berindera ritme.

Saat lagu-lagu dari Queen, Backstreet Boys dan Lady Gaga diputar, burung ini bergerak ke kanan dan kiri, menggerakkan kepala, dan bergoyang sesuai ritme lagu.

Menggunakan pengukuran ilmiah sinkronisasi, ilmuwan membuktikan irama musik dan tarian burung ini memang saling terkait.

Dr Aniruddh Patel dari Neurosciences Institute mengatakan, “Saat musik dilambatkan atau dipercepat, burung ini menyesuaikan tempo tariannya untuk mensinkronisasikannya dengan irama lagu. Saya terkejut dan belum pernah melihat hal seperti ini sebelumnya”.

Snowball menjadi fenomena karena ia merupakan hewan pertama yang bisa menari sesuai irama lagu. Setelah meneliti lebih dari seribu video hewan menari, ilmuwan menemukan bukti 14 spesies beo dan gajah mampu bergerak sesuai irama.

Sedangkan anjing dan kucing tak memiliki kemampuan ini. Para ilmuwan yakin, kemampuan kakatua ini terkait kemampuannya meniru lagu. Kemampuan menari ini juga bisa ditemui pada hewan lain, termasuk lumba-lumba, gajah dan burung penyanyi.

Berikut videonya seperti dilaporkan dailymail.