Pendaftaran Magang ke Berbagai Perusahaan di Jambi, Ditutup 24 April


Jambi – Berita21.Com: Informasi pendaftaran bagi para pelajar tingkat SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) dan SMA (Sekolah Menengah Atas) sederajat, maupun pemuda Jambi yang masih berusia dibawah 18 tahun pada tahun ini, mempunyai peluang untuk mengikuti seleksi program magang ke berbagai perusahaan yang beroperasi di seluruh wilayah Provinsi Jambi. Kini kesempatan itu terbuka lebar.

Pasalnya dari pantauan berita21.com, pendaftaran untuk program pemagangan di perusahaan tersebut, sekarang ini sudah mulai dibuka pendaftarannya sejak 2 April hingga batas akhir pada 21 April 2012 yang akan datang di Kantor Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Pemerintah Provinsi Jambi, Jalan A. Thalib No 45, Telanaipura, Kota Jambi.

Dikatakan Kepala Dinsosnakertrans Pemerintah Provinsi Jambi, HA. Harris AB, melalui Kepala Bidang Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Produktivitas pada Kantor Dinsosnakertrans Pemerintah Provinsi Jambi, Yendri. Dijelaskan oleh Yendri kepada berita21.com Senin (02/04/2012) diruang kerjanya, pihaknya dalam merekrut calon peserta magang ke perusahaan kali ini, dibutuhkan sebanyak 400 orang, dengan waktu pelatihan selama 160 jam ditambah empat bulan praktek di perusahaan, paparnya.

Ditambahkannya, para calon peserta yang mengikuti magang ke perusahaan tersebut, diberikan uang saku dan uang transport sebanyak Rp.325.000 setiap bulannya. Kembali ditegaskan oleh Yendri, seluruh peserta selama mengikuti program magang itu akan dilindungi, melalui proteksi program asuransi kecelakaan dan asuransi kesehatan.

“Pokoknya kita akan asuransikan mereka, bisa diasuransikan melalui Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja), atau yang lainnya,” ujar Yendri meyakinkan, ketika menanggapi sejauhmana kepedulian dari pihak pemerintah daerah, dalam hal ini Kantor Dinsosnakertrans Pemerintah Provinsi Jambi untuk melindungi para peserta yang sedang mengikuti program magang di perusahaan tersebut selama mereka mengikuti waktu pelatihan hingga lima bulan lamanya.

Sementara secara terpisah, Koordinator Forum Komunikasi Jejaring Pemagangan wilayah Jambi, A. Shomad dari TeTRA Communication mengatakan kepada berita21.com, Senin siang (02/04/2012) di Kota Baru, Kota Jambi. Shomad menyebutkan calon peserta magang ke perusahaan, yang saat ini diselenggarakan oleh pemerintah daerah Provinsi Jambi, dalam hal ini Kantor Dinsosnakertrans Pemerintah Provinsi Jambi bersumber dari biaya APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) Kantor Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia tahun anggaran 2012.

Disamping itu juga, kata Shomad, pelatihan program pemagangan ke perusahaan tersebut merupakan program pemagangan yang diperuntukkan bagi para pelajar dan pemuda Jambi yang telah memenuhi kualifikasi usia dibawah 18 tahun pada 2012 ini, dengan waktu pelatihan yang akan diikuti oleh mereka selama 160 jam ditambah praktek 5 bulan lamanya.

Selain itu, para calon peserta magang ke perusahaan itu, mereka mendapat sertifikasi sekaligus mereka juga memperoleh uang transport dan uang saku sebesar Rp.325.000 perbulan.

“Magang kali ini, tidak sama dengan outsourcing (tenaga kontrak), atau tidak sama dengan PKL (Praktek Kerja Lapangan). Mereka yang magang ini, sudah sama dengan setengah karyawan. Diharapkan setelah mereka magang dapat berkerja di perusahaan tersebut, ditempat dirinya magang selama ini sesuai standar kualifikasi kelayakan SOP (standard operating procedure) yang ada di perusahaan tersebut,” papar pengamat Kebijakan Publik Jambi ini merangkan.

Program magang tersebut, tambah Shomad, sengaja melibatkan 46 perusahaan yang beroperasi di seluruh wilayah Provinsi Jambi, yang bergerak di berbagai sektor, diantaranya sektor perkebunan, otomotif, perhotelan, sektor migas (minyak dan gas bumi) dan jasa.

“Untuk pelatihannya, masing-masing untuk sektor perkebunan dipusatkan di Makin Group Center, untuk jasa perhotelan di Hotel Abadi, pelatihan migas di Petro China, dan pelatihan otomotif dipusatkan di Jaya Indah Motor,” demikian sebutnya.

Afrizal/B21.Com