2012, Penerima Subsidi Iuran Jamsostek di Jambi 1.100 Orang


Jambi – Berita21.Com: Pemerintah pusat, dalam hal ini Direktorat Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja pada Kantor Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) RI, pada April 2012 ini membentuk tim pendataan, tim seleksi dan tim validasi dalam rangka pemberian subsidi iuran peserta Program Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) bagi TK-LHK (Tenaga Kerja yang bekerja di Luar Hubungan Kerja) melalui surat Keputusan Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja Nomor : Kep.160/PHIJSK/IV/2012, yang ditanda tangani langsung oleh Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja, R. Irianto Simbolon pada Kemenakertrans RI, tertanggal 3 April 2012 di Jakarta.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Pemerintah Provinsi Jambi, HA. Harris AB –yang juga sekaligus sebagai koordinator tim seleksi penerima subsidi iuran Program Jamsostek bagi TK-LHK di Provinsi Jambi tahun 2012, yang diwakili oleh Kepala Bidang Pembinaan Hubungan Industrial dan Pengawasan Ketenagakerjaan, Mahmud, yang juga merupakan salah satu anggota dari tim seleksi penerima subsidi iuran Program Jamsostek bagi TK-LHK 2012 kali ini –ketika dikonfirmasi tentang informasi tersebut, dia membenarkan saat menjawab kepada berita21.com, yang ketika itu Mahmud didampingi oleh salah seorang anggota tim seleksi lainnya, yakni Bahari Panjaitan –yang juga menjabat sebagai Kepala Seksi Hubungan Industrial dan Syarat Kerja sekaligus koordinator tim pendataan penerima subsidi iuran Program Jamsostek bagi TK-LHK 2012 pada Dinsosnakertrans Pemerintah Provinsi Jambi, Selasa siang (10/04/2012) diruang kerjanya, Jalan A. Thalib No 45, Telanaipura, Kota Jambi. “Ya benar, infonya demikian,” sebut Mahmud.

Kembali diceritakan oleh Mahmud, saat disinggung maksud dan tujuan adanya pemberian subsidi iuran peserta Program Jamsostek tersebut, terutama bagi tenaga kerja yang bekerja di luar hubungan kerja (TK-LHK) di wilayah Provinsi Jambi pada 2012, merupakan salah satu upaya wujud kepedulian dari pemerintah pusat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jambi, terutama para tenaga kerja informal melalui subsidi iuran selama delapan bulan yang dibayarkan oleh pemerintah untuk tiga jenis program jaminan sosial dari kepersertaan Program Jamsostek bagi TK-LHK di 2012 ini.

Apa saja ketiga program jaminan sosial itu, tambah Mahmud, JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja), JK (Jaminan Kematian), dan JPK (Jaminan Pemeliharaan Kesehatan). “Pemberian subsidi iuran kali ini, hanya mencakup tiga jenis program jaminan sosial minus JHT (Jaminan Hari Tua). Yakni, JKK, JK dan JPK,” ujarnya.

Dikatakan Mahmud, jumlah kuota penerima subsidi iuran peserta Program Jamsostek bagi TK-LHK di Provinsi Jambi pada 2012 mencapai 1.100 peserta, meliputi tiga wilayah kabupaten dan satu kota se-Provinsi Jambi, masing-masing yaitu Kabupaten Muaro Jambi, Kabupaten Batang Hari dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur, serta Kota Jambi, paparnya.

Disamping itu juga, diungkapkan Mahmud, pemberian subsidi iuran peserta Program Jamsostek kepada TK- LHK tersebut, hanya merupakan bentuk stimulan saja, yang dibayarkan oleh pemerintah selama delapan bulan sehingga merangsang masyarakat untuk berupaya membayarnya pada saat bulan yang kesembilan, dan bulan-bulan berikutnya.

Untuk diketahui, dasar hukum TK-LHK atau tenaga kerja yang bekerja di luar hubungan kerja diatur dalam Permenakertrans RI Nomor : PER-24/MEN/VI/2006 tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Jamsostek Bagi Tenaga Kerja Yang Melakukan Pekerjaan Di Luar Hubungan Kerja (TK-LHK). Maksudnya TK-LHK ini, yakni orang yang berusaha sendiri, yang pada umumnya bekerja pada usaha-usaha ekonomi informal.

Tujuannya, adalah memberikan perlindungan jaminan sosial tenaga kerja yang melakukan pekerjaan di luar hubungan kerja pada saat tenaga kerja tersebut kehilangan sebagian atau seluruh penghasilannya sebagai akibat terjadinya risiko-risiko, diantaranya kecelakaan kerja, sakit, hamil, bersalin, hari tua dan meninggal dunia.

Secara terpisah, Kepala PT Jamsostek (Persero) Kantor Cabang Jambi I, Iswandhy Syaruly kepada berita21.com, Senin siang (09/04/2010) sehari sebelumnya saat dikonfirmasi diruang kerjanya, Iswandhy menyatakan hal senada seperti apa yang disampaikan oleh Mahmud terkait adanya upaya yang dilaksanakan oleh pemerintah pusat, yakni pihak Direktorat Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja pada Kemenakertrans RI di April 2012 ini, melalui surat keputusan Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja, R. Irianto Simbolon pada Kantor Kemenakertrans RI yang telah membentuk tim pendataan, tim seleksi dan tim validasi secara nasional, dalam rangka pemberian subsidi iuran peserta Program Jamsostek selama 8 bulan bagi TK-LHK yang ada di Provinsi Jambi, pada tahun ini.

“Memang benar, tahun (2012) ini. Pemerintah melalui Kantor Direktorat Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja pada Kantor Kemenakertrans RI memberikan subsidi iuran peserta Program Jamsostek selama delapan bulan bagi TK-LHK, termasuk di Provinsi Jambi,” bebernya.

Ditambahkan oleh Humas PT Jamsostek (Persero) Kantor Cabang Jambi I, Fahrul kepada media online ini, diakui oleh Fahrul, pihaknya dilibatkan dalam tim. Baik itu, tim pendataan, tim seleksi dan validasi. “Petugas Jamsostek memang dilibatkan dalam tim kali ini,” ungkapnya.

Dipaparkan Fahrul, menanggapi kejelasan informasi tersebut terkait upaya pemerintah pusat, dalam hal ini Direktorat Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja pada Kemenakertrans RI hanya memberikan subsidi iuran bagi 1.100 peserta TK-LHK di wilayah Provinsi Jambi untuk masa delapan bulan lamanya, yang mencakup tiga jenis Program Jamsostek, yakni JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja), JK (Jaminan Kematian), dan JPK (Jaminan Pemeliharaan Kesehatan).

Kembali dijelaskan oleh Fahrul, menurutnya Kemenakertrans RI untuk tahun 2012 ini, mencakup sepuluh wilayah/daerah di Indonesia, termasuk di Provinsi Jambi. Masing-masing ke-10 wilayah/daerah tersebut, dirincikannya, Jawa Barat meliputi dua wilayah yakni Bogor dan Bekasi, Yogyakarta (DI Yogyakarta), Pontianak (Kalimantan Barat), Banda Aceh (Nanggroe Aceh Darussalam), Palu (Sulawesi Tengah), Medan (Sumatera Utara), Bengkulu (Bengkulu), Jambi, Surabaya (Jawa Timur).

Sementara itu, petugas lainnya dari tim pendataan pemberian subsidi iuran peserta Program Jamsostek bagi TK-LHK 2012 dari Kantor Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Pemerintah Kota Jambi, Ramayanti menjawab kepada berita21.com, Ramayanti yang juga Kepala Seksi Hubungan Industrial pada Kantor Dinsosnaker Kota Jambi ini, dia menyatakan pemberian subsidi iuran Program Jamsostek pada tahun ini, hanya diperuntukkan untuk 300 orang calon peserta bagi para tenaga kerja yang bekerja di sektor informal yang ada di wilayah Kota Jambi, demikian sebutnya, disela-sela kesibukannya yang sangat padat disaat melakukan pendataan kepada para calon peserta TK-LHK yang akan diseleksinya sebagai calon penerima subsidi iuran kepesertaan Program Jaminan Sosial Tenaga Kerja di 2012 ini.

Afrizal/B21.Com