Pengamanan UN Jangan Berlebihan


SEMARANG – berita21.com: Pengamanan pelaksanaan ujian nasional (UN) hendaknya tidak dilaksanakan secara mencolok dan berlebihan, dikawatirkan hal ini mempengaruhi psikologi peserta. Padahal UN merupakan proses ujian biasa yang rutin dijalani di setiap jenjang pendidikan.

Dalam pantauan pelaksanaan UN tingkat SLTA yang dilakukan Senin (16/4) pagi tadi di SMA Negeri 1, SMK Negeri 1 dan MAN Demak, rombongan Komisi E DPRD Jawa Tengah menemukan pengamanan yang dilakukan anggota kepolisian berseragam lengkap dengan mobil patroli di halaman SMA Negeri 1 Demak. Kondisi ini dinilai menambah seram pelaksanaan UN. “Saya minta pengamanan UN tidak mencolok seperti ini, kasihan anak anak jadi tegang,” ungkap Sekretaris Komisi E Mahmud Mahfudz di sela sela pantauan.

Ujian nasional, tambah Mahmud, merupakan bagian dari proses pendidikan yang wajar dan tidak perlu ditakuti oleh siswa. Apalagi UN bukan satu satunya instrumen penentu kelulusan, karena masih ditambah dengan nilai harian yang diperoleh siswa.

UN tingkat SMA/SMK/MA hari ini dilaksanakan serentak secara nasional dan akan berakhir tanggal 19 April 2012. Di Jawa Tengah UN tingkat SMA sederajat diikuti oleh 325.162 peserta. Sementara itu UN tingkat SLTP akan dilaksanakan pada tanggal 23-26 April. Sedang untuk SD dilaksanakan tanggal 7-9 Mei 2012.

Kholis/B21