Kompleks Saripetojo Solo Dijadikan Hotel


SEMARANG-berita21.com: Setelah rencana pembangunan mall di bekas pabrik es Saripetojo Solo menuai kontroversi, sekarang tempat tersebut segera dibangun hotel bintang 4 berlantai 20. Pembangunan hotel tersebut sudah mendapat lampu hijau dari Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo.

Hotel ini nantinya akan diberi nama Hotel Saripetojo dan akan dikelola oleh perusahaan daerah (perusda) Citra  Mandiri, adapun lahan yang dipakai seluas 13.400 meter persegi, bangunan hotel akan menempati 13.000 meter persegi. Sisanya seluasa 400 meter persegi merupakan rumah dinas direktur yang telah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya.

Direktur Perusda Citra Mandiri, Sayuti kepada wartawan menjelaskan, Hotel Saripetojo dibangun dengan tidak meninggalkan aspek budaya. Hal ini ditunjukkan dengan tidak merubah salah satu bangunan yang akan difungsikan sebagai tempat tinggal direktur. “Bangunan yang selama ini menjadi polemik dan dikatakan sebagai cagar budaya tidak kita utak atik, bahkan akan kita percantik,” ungkapnya,

Pekan depan, Sayuti bahkan sudah akan mengajukan izin secara resmi kepada  Walikota Surakarta untuk menggarap lahan yang berada di wilayah Purwosari, Laweyan itu. Hal itu dilakukan setelah izin dari Gubernur Jateng Bibit Waluyo di kantongi, menyusul lampu hijau dari pemerintah pusat. “Izin dari gubernur sudah saya ajukan, pekan ini mudah-mudahan turun jadi pekan depan sudah bisa maju ke Walikota Solo.

Kholis/B21