Memperingati Hari Buruh Internasional, KSBSI Jambi Sampaikan 7 Tuntutan Sikap kepada Gubernur


Jambi-Berita21.Com: Dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional, yang jatuh pada 1 Mei 2012, atau lazim disebut dengan ‘May Day’ ratusan massa dari Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) Jambi melakukan aksi turun ke jalan berunjuk rasa ke Kantor DPRD Provinsi Jambi , Selasa (01/05/2012) di Jalan A. Yani No 2, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi.

Massa pengunjuk rasa mengawali aksinya berkumpul di halaman Kampus Universitas Jambi di Jalan HA. Manaf, Kecamatan Telanaipura, untuk mempersiapkan aksinya ke Kantor DPRD Provinsi Jambi. Lalu kemudian, ratusan massa buruh dari KSBSI Jambi, mulai aksi ‘longmarch’ menuju Kantor DPRD Provinsi Jambi untuk menyampaikan tuntutannya kepada pihak legislatif maupun pemerintah daerah Provinsi Jambi seraya berorasi menuntut kelayakan upah buruh dan kesejahteraan para buruh yang saat ini dinilainya masih sangat minim dibawah standar upah minimum di Provinsi Jambi.

Namun upaya pendemo untuk bertemu dengan Ketua DPRD Provinsi Jambi, Effendi Hatta dari Fraksi Partai Demokrat tidak berhasil ditemui karena ia ada kegiatan diluar kota. Akan tetapi, maksud dari para buruh untuk menyampaikan aspirasi dan tuntutannya kepada wakil rakyat yang duduk di DPRD Provinsi Jambi akhirnya diterima oleh Ketua Komisi 4 DPRD Provinsi Jambi, AR. Syahbandar dari Fraksi Gerakan Keadilan (FGK) DPRD Provinsi Jambi, yang juga politisi dari Partai Gerinda ini di ruang Aula Gedung DPRD Provinsi Jambi.

Dirinya secara pribadi, sangat mendukung tuntutan para buruh, dan ia berjanji untuk menyampaikan semua aspirasi yang disampaikan para buruh dari KSBSI Jambi kepada atasannya langsung, yakni Ketua DPRD Provinsi Jambi, Effendi Hatta untuk segera direkomendasikan kepada Gubernur Jambi, Basan Basri Agus.

“Semua aspirasi ini, akan saya sampaikan kepada Ketua (Ketua DPRD Provinsi Jambi, Effendi Hatta) untuk segera sisampaikan ke gubernur,” janjinya.

Pada kesempatan itu juga, Syahbandar, yang mewakili Ketua DPRD Provinsi Jambi membubuhkan tanda tangan sebagai bukti dukungannya atas seluruh tuntutan para buruh dari KSBSI Jambi, dalam rangka peringatan Hari Buruh se-Dunia yang jatuh pada 1 Mei 2012 ini.

Melalui siaran persnya yang diterima berita21.com, dalam rangka Hari Buruh se-Dunia 2012 ini, yang diperingati setiap tanggal 1 Mei, yang jatuh pada hari Selasa ini. adapun pernyataan sikap tuntutan KSBSI Jambi, yang disampaikan Ketua Korwil KSBSI Jambi, Roida Pane yang mencakup 7 poin pokok, yakni:

1. Wujudkan upah hidup yang layak

2. Tolak Outsourching/Buruh Kontrak

3. Jadikan 1 Mei sebagai Hari Buruh yang diliburkan

4. Pastikan 1 Januari 2014 pelaksanaan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan

5. Hentikan pengkriminalisasian dan intimidasi terhadap buruh

6. Segera dibentuk Dewan Pengupahan Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi.

7. Batalkan rencana Pemerintah Provinsi Jambi yang tidak mengizinkan kendaraan jenis Tronton dan Fuso untuk mengangkut batu bara di wilayah Provinsi Jambi.

Afrizal/B21