Festival Musikalisasi Puisi Tingkat SLTA Digelar 21 Mei


Jambi-Berita21.Com: Kantor Bahasa Provinsi Jambi segera menggelar Festival Musikalisasi Puisi Tingkat SLTA (Sekolah Lanjutan Tingkat Atas) se-Provinsi Jambi tahun ini, yang akan diselenggarakan pada 21-22 Mei yang akan datang.

Dikatakan Ketua Panitia Festival Musikalisasi Puisi tingkat SLTA kal ini, Fitria kepada berita21.com, rencana kegiatan festival musikalisasi puisi tersebut, pihaknya hanya mengundang sebanyak 15 grup dari seluruh SLTA se-Provinsi Jambi.

Diakui Fitria, kegiatan festival musikalisasi puisi kali ini, merupakan kegiatan yang keenam kalinya diselenggarakan oleh Kantor Bahasa Provinsi Jambi setiap tahunnya, sejak 2007 sampai sekarang.

“Kita dari panitia pelaksana (Festival Musikalisasi Puisi Puisi Tingkat SLTA 2012) hanya mengundang peserta sebanyak 15 grup dari SLTA di seluruh Provinsi Jambi. Panitia hanya menanggung snack dan kebutuhan para peserta dalam kegiatan festival ini. Dan, kami tidak menanggung ongkos penginapan para peserta maupun akomodasi lainnya, semuanya ditanggung pihak sekolah bersangkutan,” papar Fitria menjelaskan, Rabu siang (09/05/2012) di Sekretariat Kantor Bahasa Provinsi Jambi, Jalan Arif Rahman Hakim No 101, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi.

Dari brosur yang diperoleh media online ini, Festival Musikalisasi Puisi Tingkat SLTA se-Provinsi Jambi, yang diselenggarakan oleh Kantor Bahasa Provinsi Jambi selama 2 hari, yakni 21-22 Mei 2012 ini, memperebutkan uang tunai sebesar Rp 2.500.000.

Adapun kriteria penilaian festival musikalisasi puisi tersebut, mencakup penafsiran puisi, komposisi musikal, vokal, keselarasan dan penampilan dari masing-masing grup.

Dijelaskan dalam brosur tersebut, tujuan diadakan kegiatan Festival Musikalisasi Puisi antar SLTA se-Provinsi Jambi tahun ini, yaitu untuk meningkatkan minat dan bakat siswa/siswi SLTA terhadap sastra. Menggali segala potensi, pemahaman dan pengemasan konsep musikalisasi puisi para siswa/siswi SLTA tersebut.

Menumbuhkan sikap positif dan cinta para siswa/siswi SLTA tehadap karya sastra khususnya puisi. Menumbuhkan semangat bersaing secara sehat dan bertanggung jawab. Serta, mengevaluasi perkembangan musikalisasi di Provinsi Jambi.

Afrizal/B21