Tips Menkes dr Endang Rahayu Sedyaningsih, Bubur Singkong Saus Jeruk (1)


Berikut ini, berita21.com akan menurunkan tips-tips kreasi menu pilihan kepada buah hati anda sebagai pilihan nutrisi terbaik dari sosok almarhumah Menteri Kesehatan dr Endang Rahayu Sedyaningsih bagi Makanan Pedamping Air Susu Ibu (MPASI) yang dikutip dari magazine parentindonesia.

Dimana kreasi menu pilihan dari bu menteri ini tidak hanya lezat, tapi juga sarat dengan gizi sempurna bagi bayi anda. Apa yang disampaikan Menkes tentang ASI (Air Susu Ibu) dan MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu) sangat beralasan.

Jika hak bayi, untuk mendapatkan ASI sudah terpenuhi, ketika usia mencapai minimal enam bulan, bayi juga harus diberikan MPASI, dengan tidak menghentikan pemberian ASI.

Dibawah ini, Bu Menkes Endang Rahayu Sedyaningsih memberikan tips-tips menu kreasi pilihan terbaiknya kepada bayi anda, salah satunya adalah menu ‘Bubur Singkong Saus Jeruk’ dan semoga bermanfaat untuk buah hati anda. Bubur Singkong Saus Jeruk, menu pilihan bagi nutrisi bayi buatan Menkes ini, merupakan paduan karbohidrat dan protein yang menyatu dalam olahan yang sangat mudah proses memasaknya. Untuk diketahui, porsi ini bagi kebutuhan energi sebesar 168 kalori, dan protein sebanyak 6,6 gram.

1. 10 gram tepung beras

2. 30 gram singkong putih, rebus, langsung haluskan

3. 20 gram tahu putih, haluskan

4. 20 gram telur ayam

5. 10 gram daun bayam, iris halus

6. 1 sendok the minyak sayur

7. 20 gram tomat, cincang halus

8. 150 mililiter air kaldu

9. 50 gram jeruk manis

Cara pembuatannya untuk 1 porsi bayi yang berusia 6-8 bulan; ambil dan masukkan ke dalam mangkok ukuran sedang, campur tepung beras dan air. Kemudian aduk hingga rata. Masukkan tahu, minyak, telur, dan singkong, aduk jadi satu hingga menjadi adonan yang solid.

Lalu adonan yang sudah solid tadi, tuangkan ke dalam panci. Masak adonan itu hingga menjadi bubur. Masukkan daun bayam, dan tomat. Aduk kembali hingga matang, angkat dan tambahkan air jeruk. Sajikan dengan bubur yang masih hangat kepada buah hati anda. Pada waktu penyajian, berikan tambahan 1 porsi buah (anda bisa memilih papaya, melon, dan semangka). Selamat mencoba!!

Afrizal/B21/TopKul