Terapi Sehat, Berendam Kaki dengan Gigitan Ikan Garra Rufa


Jambi-Berita21.Com: Terapi pijat kaki secara alami dengan gigitan ‘Ikan Garra Rufa’ sangat mengasikkan. Disamping kaki kita benar-benar dipijat oleh gigitannya, juga sangat baik untuk kesehatan dan perawatan tubuh. Bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh, juga memakan dan membunuh sel-sel kulit mati/kering pada sekitar kaki anda.

Terapi alami dengan gigitan ikan ini juga, merangsang pertumbuhan sel kulit manusia, menghaluskan kulit sehingga lebih halus. Mengobati asam urat, mengurangi tekanan darah tinggi, membantu susah tidur anda, dan menghilangkan stres, serta menyembuhkan kesemutan dan lelah pada kaki.

Diceritakan Tusirul, salah seorang pengelola usaha franchise ‘Therapy Alami Ikan Garra Rufa’ kepada berita21.com, sabtu (12/05/2012) malam minggu di salah satu gerai miliknya di sebuah mall terbesar di Provinsi Jambi, menurutnya ikan garra rufa, bukan sembarang ikan.

Ikan ini, katanya, berasal dari Turki. Sejak Dinasti Oman berkuasa di Turki, masyarakat daerah Kangaal, yakni satu daerah di wilayah Turki, memiliki kebiasaan unik. Mereka merendam seluruh/sebagian badannya di dalam bak kolam, yang berisi ikan garra rufa.

Menurut kebiasaan masyarakat Kangaal ketika itu, sebut pria asal Cilegon, Banten yang sudah enam bulan membuka usahanya di Kota Jambi ini, bahwa ikan garra rufa, yang biasa dikenal dengan sebutan ‘Ikan Nibel’, memiliki kemampuan supranatural. Ikan tersebut, dapat bekerja secara alami sebagai dokter bagi manusia. Caranya ya itu, dengan memakan sel-sel kulit mati pada bagian tubuh yang digigitinya. Maka beberapa orang profesor di Turki, sering mejulukinya sebagai dokter ikan.

Boleh percaya, boleh tidak. Tapi, yang dialami penulis memang sangat terasa khasiatnya bagi kesehatan kaki dan tubuh kita. Seluruh kaki yang digigitnya ketika berendam selama 15 menit, dengan ongkos jasa pijatan sebesar 10 ribu rupiah saja, sesuai waktu yang diberikan selama proses terapi ini. Mulai dari telapak kaki, seluruh celah pada jari-jari kaki, serta kesepuluh jari kaki dan mata kaki sampai betis, so fun dan ejoy banget, terasa enak di sekujur kedua kaki kita.

Awalnya memang sangat geli dan secara mental terasa sangat janggal. Namun itu, semuanya karena terapi alami oleh gigitan dari ratusan ikan-ikan garra rufa yang ukurannya hanya sebesar ‘jari kelingking anak balita’ mengerubuti di sekujur kedua kaki kita, yang terendam di dalam kolam, dengan panjang 1,5 meter dan lebar 1 meter itu. Saat di dalam bak kolam, ikan-ikan garra rufa ini, langsung mengurubuti kaki, dan mulai memakan sel-sel kulit mati yang ada di kaki.

“Semuanya ada 1.000 ekor dalam kolam ini, mas,” ungkap Irul, akrab dipanggil. Ia juga menyarankan untuk terapi sehat secara rutin, dua kali seminggu. Untuk membuka usaha jasa franchise ini, ungkap Irul, ia harus merogoh kocek sebesar Rp 19 juta kepada bos besarnya di Bandung, Jawa Barat. Semua sarana, berupa bak kolam dan 1.000 ekor ikan garra rufa, serta pre-filterisasi air, sudah mencakup semuanya. “Kita hanya memberikan makanannya saja setiap hari, berupa cacing kering untuk dia bertahan hidup,” ujarnya.

Dikatakan Irul, usaha terapinya ini sangat menguntungkan. Sebab, seperti ada simbiosis mutualisme, yakni manusia membutuhkan ikan garra rufa, atau dokter ikan ini, untuk menyehatkan dan mempercantik kulit pada tubuh. Sedangkan ikan garra rufa itu, katanya, sangat membutuhkan kulit mati pada tubuh manusia untuk makanannya.

Proses ikan menggigiti kulit manusia, inilah yang menciptakan ‘micropelling effect’ yang berfungsi membersihkan sel-sel kulit mati, serta merangsang pertumbuhan kulit baru sehingga kulit lebih halus dan elastis. Selain memperbaharui kulit dan memperlancar peredaran darah anda, ikan garra rufa juga, menstimulasi titik ‘akupuntur’ yang akan membuat sistem syaraf menjadi lebih rileks, demikian paparnya.

Afrizal/B21