Tips Menkes Endang Rahayu Sedyaningsih, Bola Tempe Saus Kuning (2)


Belum terlalu lama berselang, dan masih tertanam di dalam benak kita sebagai bangsa.

Menkes RI, Endang Rahayu Sedyaningsih yang telah meninggalkan ibu pertiwi akibat kanker paru-paru yang dideritanya sejak 1,5 tahun yang lalu, hingga akhir hayatnya dalam perawatan tim dokter Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat, Rabu (01/05/2012), pukul 11.41 wib. Walaupun penyakit kanker yang diidapnya cukup parah, namun ia tetap menyempatkan diri meluangkan waktu untuk berbagi tips dan resep kreasi menu pilihan nutrisi terbaiknya bagi buah hati anda, melalui tulisannya seperti dikutip dari magazine parentindonesia.

Disela-sela segudang kegiatannya sebagai orang nomor satu di Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, ia juga salah seorang sosok ibu rumah tangga yang sangat begitu peduli terhadap perkembangan kesehatan dan nasib para ibu hamil, bayi dan ibu menyusui di wilayah tanah air. Apa yang disampaikan Menkes tentang ASI (Air Susu Ibu) dan MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu) sangat beralasan. Jika hak bayi, untuk mendapatkan ASI sudah terpenuhi, ketika usia mencapai minimal enam bulan, bayi juga harus diberikan MPASI, dengan tidak menghentikan pemberian ASI, demikian sebutnya.

Berikut ini, berita21.com & TopKuliner.com kembali menurunkan resep kreasi menu nutrisi terbaik buatan Bu Menkes kepada buah hati anda, terutama bagi bayi yang berusia antara 12-23 bulan, yakni Bola Tempe Saus Kuning. Menu nutrisi terbaik pilihan Menkes kali ini untuk kebutuhan energi per porsinya mencapai 250 kalori, dan 10 gram protein. Saat penyajiannya, berikan tambahan 1 porsi buah, anda bisa saja memilih pepaya, melon, atau semangka. Bosan mengolah tempe dalam bentuk potongan. Olahan ini, bisa menjadi inspirasi anda untuk mengganti olahan tempe, yang biasa anda masak. Semoga bermanfaat.

1. 100 gram tempe

2. 20 gram tomat, iris tipis

3. 1 sendok teh bawang putih, cincang halus

4. 1 sendok makan bawang merah, cincang halus

5. 2 butir kemiri

6. ½ sendok teh kunyit halus

7. 10 gram minyak, untuk menggoreng

Cara pembuatannya; ambil dan masukkan ke dalam wadah mangkok ukuran sedang. Haluskan tempe, lalu bentuk bulat-bulat dengan bantuan 2 buah sendok teh. Kemudian berikutnya, haluskan bumbu-bumbu, kemiri, kunyit dan bawang putih. Tumis bumbu halus tadi, bersama bawang merah dan tomat hingga harum. Masukkan air, masak hingga mendidih. Sajikan bola-bola tempe bersama saus kuning, dan 50 gram nasi putih. Sajikan bola-bola tempe yang sudah diberikan saus kuning itu, hangat-hangat kepada buah hati anda. Selamat menikmati!!

Afrizal/Topkuliner