Pekik ‘Polisi Prima, Anti KKN dan Anti Kekerasan’ Guncang Gedung RCC Jambi


Jambi, Berita21.com – Sebelum memulai pemaparannya sebagai pemateri dalam diskusi panel yang diselenggarakan oleh Polda Jambi, dalam rangka pemberantasan korupsi di Provinsi Jambi yang bertajuk ‘Berani Jujur, Tidak Korupsi Hebat’.

Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri), Komjen. Pol. Drs Nanan Sukarna memerintahkan seluruh jajaran Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah Jambi, yang saat itu seluruhnya hadir untuk berdiri seraya memekikkan Maklumat Kapolri Nomor: MAK.1/XII/2011 tentang Pencegahan KKN (Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme) di lingkungan Polri di seluruh Indonesia, termasuk di jajaran Polda Jambi, sebagai Polisi Prima, Anti KKN dan Anti Kekerasan.

“Saya minta, semua anggota Polri yang hadir disini, untuk berdiri. Mengucapkan, Polisi Prima, Anti KKN dan Anti Kekerasan,” perintah Wakapolri, Nanan Sukarna tegas kepada seluruh jajaran anggota Polri yang hadir, termasuk Kapolda Jambi, Brigjend Pol. Drs. Anang Iskandar ikut berdiri.

Serentak saat itu juga, bergema gaungan suara ratusan anggota Polri memekikkan janji seperti yang ditirukan Wakapolri. “Polisi Prima, Anti KKN dan Anti Kekerasan,” gelegar ratusan suara keras dari pekikkan seluruh anggota Polri yang gaungnya mengguncang isi gedung Ratu Convention Center (RCC), Jalan Slamet Riyadi, Broni, Telanaipura, Kota Jambi, Senin (14/05/2012).

Kemudian saat itu juga, Wakapolri langsung mengajukan pertanyaan kepada Kapolda Jambi, Brigjend. Pol. Drs. Anang Iskandar. “Kapolda Jambi saya tanya, apakah anda siap untuk tidak korupsi,” tegas Nanan Sukarna, mendengar pertanyaan yang diajukan Wakapolri tersebut, Anang Iskandar langsung menjawab, “Siap, saya tidak korupsi,” tegasnya lantang.

Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Komjen Pol. Drs. Nanan Sukarna menyatakan kepada seluruh ratusan peserta yang hadir untuk melaporkan kepada dirinya apabila ada kejanggalan atas kinerja kepolisian, terutama Kepolisian Daerah Jambi terkait reformasi di internal Polri.

Menurut Nanan Sukarna, sekarang sistem pengendalian dan pengawasan di internal Kepolisian sudah lama berjalan. 300-500 orang anggota Polri yang korup setiap tahunnya, kata Nanan, dipecat, di semua level sampai ke bawah. “Jadi kita dukung program KPK,” ujarnya.

Diskusi panel dalam rangka pemberantasan korupsi di Provinsi Jambi, yang digelar oleh Polda Jambi sebagai realisasi Program Forum Group Discussion (FGD) tersebut menghadirkan tiga orang pemateri/panelis. Selain dihadiri oleh Wakapolri, Komjen Pol. Drs Nanan Sukarna, juga dihadiri oleh Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Abraham Samad sebagai nara sumber kali ini, dan akademisi dari Paska Sarjana Ilmu Hukum Universitas Jambi, DR. Sahuri Lasmadi.

Disela-sela akhir acara diskusi panel, sebagai kenang-kenangan, Kapolda Jambi, Brigjend. Pol. Drs. Anang Iskandar memberikan cenderamata kepada ketiga orang masing-masing panelis yang hadir.

Tampak hadir, dalam diskusi panel yang digelar oleh Polda Jambi sebagai realisasi Program Forum Group Discussion kali ini, Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi, Hasan Basri Agus dan Fachrori Umar, unsur muspida Provinsi Jambi, kejaksaan dan TNI, seluruh bupati dan walikota se-Provinsi Jambi, pejabat dan kepala dinas/instansi/ badan dilingkungan Pemerintah Provinsi Jambi, aktivis lembaga swadaya masyarakat, praktisi dan akademisi dari berbagai perguruan tinggi se-Provinsi Jambi, pelajar dan mahasiswa, ormas dan OKP.

Adapun berikut ini, materi diskusi panel yang disampaikan oleh masing-masing ketiga panelis itu, yakni:

1. Strategi Pemberantasan Korupsi untuk Mewujudkan Pemerintahan Yang Baik (Good Governance) dan Pemerintahan Yang Bersih (Clean Government) di Indonesia oleh Ketua KPK, DR Abraham Samad, SH, MH.

2. Strategi Kreatif Polri Dalam Membangun Budaya Anti Korupsi Kepolisian oleh Wakapolri, Komjen Pol. Drs Nanan Sukarna.

3. Urgensi Pembuktian Terbalik Dalam Perkara Tindak Pidana Korupsi di Indonesia oleh Dosen Paska Sarjana Ilmu Hukum Universitas Jambi, DR Sahuri Lasmadi, SH, MH.

Afrizal/B21

One thought on “Pekik ‘Polisi Prima, Anti KKN dan Anti Kekerasan’ Guncang Gedung RCC Jambi

  1. Saya setuju sekali dengan hal tersebut, apa lagi dengan memperbanyak aktivitas sosialisasi dalam berbagai hal kepada masyarakat, tentu akan meningkatkan persebsi masyarakat terhadap polisi adalah sebagai pengayom msyarakat.

Komentar ditutup.