Juara Bertahan Tidak Ikut Festival Musikalisasi Puisi Tingkat SLTA Se-Provinsi Jambi 2012


Jambi, Berita21.com – Festival Musikalisasi Puisi tingkat SLTA (Sekolah Lanjutan Tingkat Atas) se-Provinsi Jambi yang digelar oleh Kantor Bahasa Provinsi Jambi pada 21-22 Mei tahun ini, diikuti 15 grup dari empat daerah dalam Provinsi Jambi, yakni Kota Jambi, Kabupaten Muaro Jambi, Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan Batang Hari.

Ke-15 grup yang menjadi peserta festival musikalisasi puisi kali ini, dikatakan ketua panitia pelaksana, Fitria kepada berita21.com, disela-sela usai acara pertemuan teknis dan pengambilan nomor undian peserta diruang aula pertemuan, lantai dua di Kantor Bahasa Provinsi Jambi, Telanaipura, Kota Jambi, Senin siang (21/05/2012), dia menyebutkan mereka berasal dari 15 SLTA se-Provinsi Jambi.

Akan tetapi sayangnya festival musikalisasi puisi tahun ini, tambah Fitria, tidak diikuti juara pertama tahun lalu, yakni grup dari SMA Negeri 1 Batang Hari.

Justru sangat disesalkan, kata Firia terus terang, ketidak ikutsertaan SMA Negeri 1 Batang Hari dalam festival tersebut. Padahal, ungkapnya, SMA Negeri 1 Batang Hari sudah dua kali menjadi juara pertama berturut-turut, pada 2010 dan 2011.

“Sudah beberapa kali, saya terus menghubungi lewat telepon ke pihak kepala sekolahnya (SMA Negeri 1 Batang Hari), tapi saat hari terakhir pendaftaran, belum juga mereka mendaftar. Malah saat pendaftaran sudah ditutup, baru ada konfirmasi ke saya. Tentu saja, mereka tidak bisa mendaftar lagi karena kita sudah membatasi sebanyak 15 peserta,“ alasan fitria menjelaskan terkait ketidak ikutsertaan SMA Negeri 1 Batang Hari sebagai juara bertahan pada Festival Musikalisasi Puisi tingkat SLTA se-Provinsi Jambi 2012.

Untuk festival kali ini, tambah Fitria, setiap grup menampilkan dua buah puisi, masing-masing puisi wajib dengan judul ‘Elegi karya D Zawawi Imron’ dan sebuah puisi pilihan. Sementara dewan juri yang dilibatkan dalam kegiatan festival musikalisasi puisi tersebut, masing-masing Fitria menyebutkan dengan rincian, yaitu:

1. Andre Syahlani Putra Siregar (seniman dan pelaku musikalisasi dari Jakarta, pemilik Sanggar Deavies)

2. Dr. Sudaryono (kritikus/penyair dan Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi)

3. Muhammad Husairi (penyair Jambi)

Adapun ke-15 grup itu, sebut Fitria yakni masing-masing:

1. KELANTA (SMA Negeri 1 Muaro Jambi)

2. ALANG-ALANG (MAS Al-Khairiyah, Kota Jambi)

3. KASFER (SMA Ferdy Ferry Putra, Kota Jambi)

4. GENTA MAHARDIKA (MAN Sungai Gelam, Muaro Jambi)

5. XAVDA PROJECT (SMA Xaverius 2 Kota Jambi)

6. SMAGER (SMA Negeri 5 Tanjung Jabung Timur)

7. ACC (SMA Negeri 6 Kota Jambi)

8. TEATER Q (SMA Attaufiq, Kota Jambi)

9. HARMONI SPULTURA (SMA Negeri 10 Kota Jambi)

10. TERA (SMK Revany Indra Putra, Kota Jambi)

11. KERLIP (SMA Negeri 1 Kota Jambi)

12. TEATER ALIEF (MAN Model Kota Jambi)

13. THE ISLAMIC STUDENT (MAN Olak Kemang, Kota Jambi)

14. SANSEKO (SMA Negeri 5 Batang Hari)

15. GROMOSPA II (SMA Negeri 4 Kota Jambi)

Afrizal/B21