Satu Lagi Pimpinan DPRD Jateng Ditahan Kejaksaan


SEMARANG, berita21.com – Setelah Ketua DPRD Jateng Murdoko ditahan KPK, kini giliran Wakil Ketua DPRD Jateng Riza Kurniawan ditahan Kejaksaan Negeri Magelang. Riza masuk ke  Lapas kelas II di Jalan Sutopo No 2 Kota Magelang  Selasa (5/6) pukul 17.40.

Politisi dari Partai Amanat Nasional (PAN) ini sebelumnya menjalani pemeriksaan sejak pukul 09.00 dengan didampingi beberapa orang penasehat hukumnya. Pemeriksaan yang dilakukan terhadap Reza berlangsung selama 8 jam, sampai dengan pukul 17.30 WIB.

Kajari Kabupaten Magelang Martini membenarkan telah menandatangani surat penahanan Riza. Penahanan terhadap Riza sudah memiliki alasan yang kuat. Selain itu, kejari ingin memperlakukan para tersangka dengan sikap yang sama. “Kami harap kasus ini bisa segera selesai, oleh karena itu tersangka kami tahan,” ungkapnya.

Martini menambahkan, setelah ini penyidik akan fokus menyelesaikan perkara Riza tersebut.
Dalam waktu kurang lebih dua minggu, diharapkan berkas acara pemeriksaan (BAP) sudah selesai dan siap diajukan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi.

Penahanan Riza Kurniawan, lanjut Martini, dilakukan karena sudah cukup bukti bahwa dirinya sebagai otak penyelewengan bansos provinsi yang disalurkan di Kabupaten Magelang tahun 2008 lalu. Dari delapan titik penerima bantuan masing-masing sebesar Rp 100 juta, Riza disangka melakukan penyunatan anggaran hingga 70 persen. Total dana yang disangkakan diselewengkan Riza sekitar Rp. 1,3 miliar.

Selain melakukan penahanan terhadap Riza Kurniawan, kejari juga menahan Imam Santoso, tersangka lain dalam kasus ini. Imam disangka sebagai broker yang menghubungkan antara penerima bansos dengan Riza Kurniawan.

Kholis/B21