DPRD Jateng Luncurkan SMS Aduan Soal Lingkungan


SEMARANG, berita21.com – Kaukus Lingkungan DPRD Jawa Tengah Kamis (7/6) siang meluncurkan program SMS Gateway pengaduan soal bencana alam dan kerusakan lingkungan. Informasi sekecil apapun soal lingkungan langsung akan diforward ke dinas/instansi terkait untuk mendapat penanganan secepatnya.

Koordinator Kaukus Lingkungan Hidup DPRD Jawa Tengah Drs. Abdul Fikri Faqih, MM mengungkapkan hal tersebut saat lounching program layanan terbaru dari DPRD Jateng tersebut. Menurut Fikri, program yang diberi nama SEMESTA LESTARI ( SMS kan Temuan Anda! Lemahnya Ekosistem, poluSi Tanah, Air, udaRa dan perubahan Iklim) ini diharapkan mampu membantu komunikasi terkait dengan bencana alam dan kejadian lingkungan dari masyarakat.

“Masyarakat yang memiliki informasi soal kerusakan lingkungan dan bencana alam silakan mengirim SMS ke nomor 085225577447. Hal ini sebagai salah satu bentuk komitmen terhadap kelestarian lingkungan hidup,” ungkapnya.

Program ini diluncurkan, lanjut Fikri, mengingat Jateng termasuk provinsi yang permasalahan lingkungannya cukup banyak. Sampai bulan September 2011 ini saja, tercatat ada 511 bencana alam. “Trendnya terus naik dalam 3 tahun terakhir, ” kata politisi PKS tersebut.

Sementara itu kerusakan lingkungan juga cukup marak. Salah satu titik kritisnya adalah kawasan pesisir pantai,  dimana terdapat 14 Kabupaten /kota yang mengalami kerusakan hutan bakau. Dari 95.000 ha kawasan hutan bakau terdapat 61.000 ha dalam kondisi rusak.

Karena itu, partisipasi masyarakat sangat diharapkan untuk memberikan informasi via layanan SMS Aspirasi ini dalam rangka mencegah terjadinya kerusakan lingkungan yang lebih parah. “Selain itu, laporan bencana alam juga bisa disampaikan degan cepat untuk segera ditangani.” tandasnya.

Sebagai tindak lanjut aksi lapangan, Kaukus Lingkungan Hidup akan melaksanakan aksi susur sungai, pembersihan sampah dan pembuatan lubang bipori di Daerah Aliran Sungai (DAS) Bengawan Solo, Karanganyar tanggal 3 Juli mendatang. Selain itu akan digelar pula event Obrolan Pinggir Kali (OPIK)  yang menghadirkan menteri lingkungan hidup sebagai pembicaranya.

Lounching SMS gateway tersebut dihadiri sejumlah anggota DPRD Jateng yang tergabung dalam kaukus lingkungan hidup, sejumlah SKPD di lingkungan Pemprov Jateng dan wartawan peliput kegiatan DPRD Jateng.

Kholis/B21