Muncul Gagasan Bentuk Panja Penyimpangan Bansos


SEMARANG, berita21.com – Kalangan DPRD Jateng gerah dengan temuan penyimpangan yang dilakukan sebagian penerima bantuan sosial (Bansos) APBD Jateng Tahun 2011. Temuan tersebut dituangkan dalam lampiran laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK terhadap APBD Jateng Tahun 2011.

Beberapa penyimpangan yang ditemukan BPK antara lain alamat penerima fiktif dan kegiatan yang tertera dalam proposal tidak ditemukan, Padahal dana bansos sudah dicairkan dan tidak ada laporan pertanggungjawabannya. Sehubungan dengan hal tersebut beberapa anggota Fraksi PPP DPRD Jawa Tengah mendorong dibentuknya panitia kerja (Panja) yang dimaksudkan untuk mengusut sampai tuntas temuan tersebut.

Salah satu anggota dewan yang melemparkan gagasan tersebut adalah Abdul Azis, anggota Komisi D dari fraksi PPP. Menurut Azis, temuan BPK tersebut harus ditindaklanjuti guna mengetahui sejauh mana penyimpangan yang terjadi. “Saya usulkan agar DPRD segera bentuk Panja guna mengusut temuan ini. Dana Rp. 26 miliar yang belum jelas penggunaannya tersebut merupakan uang rakyat, jadi harus bisa dipertanggungjawabkan,” ungkap Aziz saat menerima perwakilan massa pendemo dari Forum Komunikasi LSM (Forkom) di Gedung Berlian Jalan Pahlawan, Kamis (7/6).

Pada kesempatan tersebut Azis mendukung langkah LSM dalam mengkritisi temuan BPK soal penyaluran Bansos. Azis bahkan mengharapkan agar muncul gerakan reformasi jilid dua yang letupannya berasal dari Jawa Tengah. Hal ini dipandang sudah waktunya terjadi mengingat kondisi negara yang sudah kronis dengan korupsi.

Menanggapi usulan pembentukan Panja ini, Wakil Ketua DPRD Jawa Tengah Bambang Prijoko mengaku belum menerima usulan tersebut, namun demikian kalau hal itu benar benar diusulkan oleh anggot dewan, pimpinan dewan akan segera merespon dengan melakukan rapat pimpinan guna membahas usulan tersebut.

“Saat ini belum ada usulan resmi untuk itu, regulasinya saja saya belum begitu memahaminya. Apakah memungkinkan apa tidak kalau dibentuk Panja, Silakan kalau temen temen mengusulkan dibentuk Panja,” ungkapnya.

Kholis/B21