DKJT Diharap Tingkatkan Budi Pekerti Masyarakat


SEMARANG, berita21.com – Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo mengharapkan agar dewan Kesenian Jawa Tengah (DKJT) mampu berperan dalam meningkatkan budi pekerti yang sehat dan lebih memasyarakatkan budaya yang andap asor serta tidak waton suloyo sehingga bisa terwujud visi  tercapainya Masyarakat Jawa Tengah Yang Semakin Sejahtera.

Hal itu diungkapkan gubernur usai melantik Pengurus Dewan Kesenian Jawa Tengah (DKJT) periode 2012 – 2015, di Gedung Ghradika Bhakti Pradja, Jalan Pahlawan Semarang Jumat (8/6). “Orang yang cinta seni bisa halus akal budinya. Rasa dan Budi kita menjadi bersih dan sehat, sehingga kalau diajak bicara tidak waton suloyo karena punya rasa yang halus,” ungkapnya.

Menurut gubernur, budaya masyarakat jawa yang andap asor diharapkan terus menjadi landasan bagi masyarakat dalam kehidupan sehari hari. Dengan demikian tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan. Ono rembug biso dirembug, hidup bergotong royong, sinergi seperti ini diharapkan bisa tercipta melalui wadah DKJT.

Sebagai wadahnya para seniman dalam melakukan kreasi dan pelestarian nilai nilai seni dan budaya, DKJT diharapkan bisa ikut mensukseskan tahun kunjungan wisata Visit Jateng year 2013 mendatang. “Banyak yang bisa dilakukan untuk mensukseskan Visit Jateng Year 2013, dengan demikian DKJT bisa ikut membangkitkan ekonomi masyarakat Jawa Tengah,” tegasnya.

Insan seni yang tergabung dalam wadah DKJT, tambah Bibit Waluyo, diminta untuk terus meningkatkan kreasi dan inovasi agar kesenian tradisional yang banyak terdapat di masyarakat menjadi kemasan yang semakin menarik dan digemari oleh masyarakat dan turis mancanegara. Dia mencontohkan, tarian selamat datang yang biasa disajikan dalam menyambut kedatangan turis mancanegara dilakukan dengan cara singkat, tidak terlalu lama namun berkesan bagi para turis.

Dalam acara tersebut, pengurus DKJT yang dilantik sebanyak 60 orang, diantaranya, Ketua Umum, Prof Dr Rustono (Dekan Fakultas Bahasa dan Seni Unnes), Sekretaris Umum Itos Budi Santoso, dan Bendahara Umum, Drs Bintang Anggoro Putro.

Kholis/B21