Polres Muaro Jambi Aktifkan Ronda Jelang Ramadhan


Jambi, Berita21.com – Bertempat di Aula Kantor Camat Taman Rajo di Desa Kemingking Dalam Kab.Muaro Jambi (tgl.10/07/2012), Sat Bimas Polres Muaro Jambi menggelar Focus Grouf Discusion (FGD) membahas tentang “Peran Serta Kepala Desa dan Masyarakat dalam Rangka Menciptakan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat di Kec.Taman Rajo”. Dalam diskusi ini menghadirkan Narasumber Camat Taman Rajo Wahyudi,SE, Kasat Bimas Polres Muaro Jambi AKP Agus Suherman, dan Kapolsek Maro Sebo IPTU A.Akil,SH.

Acara yang mengundang peserta seluruh Kepala Desa se-Kec.Taman Rajo , Ketua BPD, Ketua Lembaga Adat Desa, Anggota LINMAS Desa dan Ketua Tokoh Pemuda ini berjalan dengan baik. Diskusi juga berjalan dengan dua sessi, yaitu sessi pertama mengenai laporan Kondisi Pos Kamling atau lebih dikenal Pos Ronda di tiap-tiap desa serta kendala-kendala kenapa siskamling tidak berjalan maksimal di tingkat masyarakat. Selain itu, dibahas juga mengenai bagaimana memanfaatkan dana desa serta potensi desa lainnya untuk meningkatkan kemananan desa agar lebih baik.

Acara berakhir dengan kesimpulan; (1) Untuk menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat perlu sustu sistem yang baik dengan cara membangun Pos Kamling atau Pos Ronda, (2) Untuk membangun Pos Ronda ini dibutuhkan dana yg dapat diambil dari dana desa atau secara swadaya masyarakat serta adanya persetujuan seluruh perangkat desa, (3) Wajib hukumnya dalam menciptakan kamtibmas perlu dukungan seluruh element masyarakat, (4) Berkenaan dengan penyelesaian masalah dapat dilakukan penyelesaian dengan dua cara; a.masalah ringan dapat dengan cara Hukum Adat di Desa, b.masalah berat (Narkoba, Curas, dll) itu diserahkan kepada pihak kepolisian, (5) Perlu adanya usaha mentrasper informasi dari tokoh masyarakat kepada warganya dalam hal penciptaan kamtibmas perlu dungkungan semua pihak termasuk warga.

Dalam amanatnya, Kapolres Muaro Jambi AKBP Badarudin yang disampaikan Kasat Bimas Polres Muaro Jambi AKP Agus Suherman menghimbau agar warga masyarakat di Kec.Taman Rajo khususnya dan Kabupaten Muaro Jambi pada umumnya agar mengantisipasi adanya tindakan kejahatan menjelang Ramadhan dan Hari Raya Lebaran. Dimana dari pengalaman yang telah lalu, banyak kejadian Kejahatan yang tidak terduga terjadi ditengah-tengah masyarakat. Maka, peningkatan kewaspadaan serta meng aktifkan ronda adalah cara yang efektif dan sangat bermanfaat bagi terciptanya kamtibmas di wilayahnya. MC-Polres

Sumber: Berita21.com

mapolres_muarojambi@yahoo.com/B21