Pawai Dugder Sambut Ramadlan Digelar 19 Juli


SEMARANG, berita21.com – Pawai Dugderan yang biasa digelar setiap menjelang datangnya bulan Ramadlan dipastikan dilaksanakan pada Hari Kamis tanggal 19 Juli mendatang. Penetapan ini mempertimbangkan sebagian umat Islam sudah melaksanakan puasa tanggal 20 Juli.  Disamping itu Hari Jumat dipandang tidak efektif untuk menggelar pawai.

Kepastian pelaksanaan pawai Dugder ini disampaikan oleh Ketua Badan Pengelola Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT)H Ali Mufiz. kamis (12/7). “Seperti biasa pawai dugder ini finish di MAJT, tanggal 19 sudah ditetapkan pelaksanaannya,’ ungkapnya.

Mantan gubernur Jawa Tengah ini menjelaskan, penetapan tanggal 19 sebagai pelaksanaan pawai dugder lebih dimaksud untuk menjaga keindahan pelaksanaan pawai tersebut. Hal ini mengingat Ormas Muhammadiyah sudah menetapkan awal Ramadlan jatuh pada tanggal 20 Juli. Sedangkan Nahdlatul ‘Ulama menunggu hasil rukyah yang akan dilaksanakan tanggal 19 mendatang. “MAJT menunggu penetapan hasil sidang itsbat, kami ikut pemerintah,” tegasnya.

MAJT sendiri seperti biasanya menjadi tempat melaksanakan rukyah yang dilaksanakan oleh Kementrian Agama Jawa Tengah. Ali Mufiz menyatakan pihaknya siap menjadi tuan rumah pelaksanaan rukyah, menurutnya Menara Asmaul Husna dengan segala perlengkapannya siap digunakan untuk pelaksanaan rukyah baik penentuan awal Ramadlan maupun 1 Syawal.

Sumber: Berita21.com

Kholis/B21