SD Negeri Bertaraf Internasional 47 Kota Jambi Terima 16 Anak Keluarga Miskin


Jambi, Berita21.com – Tahun ajaran 2012-2013, sebanyak 16 siswa dan siswi dari keluarga tidak mampu di Kota Jambi, dapat berkesempatan mengenyam pendidikan di sekolah dasar paling bergengsi dan terbaik se-Kota Jambi, yakni Sekolah Dasar Negeri Bertaraf Internasional 47/IV Kota Jambi, yang berlokasi di Jalan RE Martadinata, Kecamatan Telanaipura.

Kepala Sekolah Dasar Negeri SBI (Sekolah Bertaraf Internasional) 47/IV Kota Jambi, Syargawi, yang diwakili Humas SD Negeri SBI 47/IV Kota Jambi, Dewi Sutria saat menjawab kepada berita21.com diruang kantor sekretariat sekolah, Rabu siang (11/07/2012) di Telanaipura, Kota Jambi.

Dewi menyebutkan total anak miskin yang bersekolah di SD Negeri SBI 47 Kota Jambi pada tahun ajaran 2012-2013 ini, yaitu sebanyak 16 orang, terdiri dari; 12 orang siswa perempuan dan 4 orang siswa laki-laki (sumber data tersebut berasal data SD Negeri SBI 47/IV Kota Jambi, tahun ajaran 2012-2013).

Ditambahkan Dewi terkait bagi siswa dan siswi dari keluarga tidak mampu, mereka yang diterima bersekolah di SD Negeri SBI 47 Kota Jambi mesti melampirkan surat keterangan tidak mampu dari Ketua RT (Rukun Tetangga) setempat, dan diketahui oleh lurah sehingga anak-anak tersebut dibebaskan dari bentuk sumbangan apapun dari pihak sekolah.

Dengan demikian, kata Dewi, anak-anak dari keluarga tidak mampu tersebut, mereka memperoleh fasilitas yang sama dengan siswa lainnya. Selain itu, tambah Dewi, terkait penerimaan siswa baru (PSB) pada tahun ajaran 2012-2013 di lingkungan SD Negeri SBI 47/IV Kota Jambi jumlahnya mencapai 196 orang siswa dan siswi, yang terbagi dalam tujuh ruang kelas, masing-masing kelas tersebut yaitu kelas IA, IB, IC, ID, IE, IF, dan IG.

Sementara terkait kesempatan belajar bagi siswa lingkungan sekitar sekolah, untuk dapat bersekolah di SD Negeri SBI 47 Kota Jambi pada tahun ajaran kali ini, Dewi pun mengakui dan membenarkan bahwa ketentuan tersebut masih berlaku dari dinas pendidikan Kota Jambi.

“Sesuai petunjuk dari dinas pendidikan Kantor Dinas Pendidikan Kota Jambi), untuk selalu memperhatikan lingkungan sekitar sekolah, terutama warga di sekitar sekolah (SD Negeri SBI 47/IV Kota Jambi) hanya bisa diterima jumlahnya 20 persen sesuai ketentuan. Kemudian aturan RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional) itu sendiri, dan Kepmen Nomor 78 Tahun 2009 (maksudnya adalah tentang Permendiknas Nomor 78 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan SBI, red) terkait juknis penerimaan PPDB (Penerimaan Pendaftaran Didik Baru) di lingkungan SBI,” demikian paparnya.

Berdasarkan sumber data yang diperoleh berita21.com dari Sekolah Dasar Negeri Bertaraf Internasional 47/IV Kota Jambi pada tahun ajaran 2012-2013, total anak miskin yang bersekolah disana mencapai 16 orang, masing-masing yakni 12 siswa perempuan, dan 4 siswa laki-laki.

Adapun daftar anak miskin di SD Negeri SBI 47/IV Kota Jambi ini, dapat dilihat dibawah ini :

Siswa Perempuan, yaitu :

1. Cahaya Elizabeth Falensia Br Naibaho

2. Rizki Amalia Putri

3. Irma Yani

4. Sonia Riska KP

5. Rozalina Oktavianti

6. Mia Dwi Ningsih Harahap

7. Trie Kurnia Saputri

8. Dinda Novia Azzahra

9. Aprilia Nur Qhasanah

10. Ayu Elisa

11. Nurul Huda

12. Nabilah Husna

Siswa Laki-laki, yakni :

1. Ridho Patria Sinulingga

2. Nopal Yopandra

3. Muhammad Maretiyan

4. Andi Nur Taqwa Pacinongi

Sumber: Berita21.Com

Afrizal/B21