Mengenalkan Potensi Taman Nasional Berbak, Kantor Balai TNB Luncurkan Kompilasi Album Lagu


Jambi, Berita21.com – Untuk mensosialisasikan kawasan Taman Nasional Berbak (TNB) ke tengah masyarakat luas, dan sekaligus sebagai bentuk upaya mengenalkan beragam potensi dan pelestarian konservasi kawasan TNB sebagai kawasan lahan basah yang dianggap memiliki pengaruh secara global, sehingga keberadaannya perlu memperoleh perlindungan dunia internasional karena memiliki keindahan alam dan beragam lokasi dan obyek wisata yang terkenal hingga ke manca negara.

Pihak Kantor Balai Taman Nasional Berbak Provinsi Jambi pada Kantor Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam (PHKA) Kementerian Kehutanan RI, segera dalam waktu dekat ini, pihak Balai TNB akan meluncurkan kompilasi album baru yang berisikan lagu-lagu yang bertemakan tentang profil dan potensi wisata di dalam kawasan Taman Nasional Berbak kepada publik. Hal itu, diungkapkan Udin Ikhwanudin, yang juga salah seorang penulis dan pencipta lagu album Taman Nasional Berbak ini kepada berita21.com.

Menurut Kang Udin, akrab disapa. Album lagu tentang Taman Nasional Berbak yang ia ciptakan ini, sambungnya, merupakan suatu bentuk kepedulian dirinya untuk ikut serta melestarikan dan menjaga lingkungan di sekitar dalam kawasan TNB. Sekaligus juga, menurutnya, mengenalkan lebih jauh kepada seluruh masyarakat luas tentang beragam potensi yang dimiliki Taman Nasional Berbak, melalui syair dan lirik dalam kompilasi album lagu yang segera ia rilis dalam waktu dekat ini.

“Saya terinspirasi untuk menciptakan lagu-lagu Taman Nasional Berbak ini, agar seluruh masyarakat bisa mengetahui segala potensi yang ada di dalam kawasan Taman Nasional Berbak, dan mengajak seluruh masyarakat untuk turut serta melestarikan dan menjaga lingkungannya. Adapun album baru yang akan segera diluncurkan ini, merupakan kerja bareng antara Kantor Balai Taman Nasional Berbak dan Group Band Mellow asal Jambi,” paparnya menjelaskan.

Adapun di dalam album lagu baru yang akan diluncurkannya ke publik kali ini, kata Kang Udin, berisikan tembang-tembang lagu yang bertemakan tentang pelestarian alam dan potensi lingkungan di dalam kawasan Taman Nasional Berbak di Provinsi Jambi.

Disamping itu, ditambahkan Udin Ikhwanudin, kerja bareng antara pihak Kantor Balai TNB Provinsi Jambi, dengan ‘Mellow Band’ yang membuat aransemen lagunya. Salah satu judul lagu yakni ‘Mari Menanam’ di dalam album baru tersebut, direncanakan akan diajukan Kepala Balai Taman Nasional Berbak, Hayani Suprahman kepada Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan untuk dijadikan sebagai ikon lagu mars pada puncak peringatan ‘Bulan Menanam Nasional’ dan ‘Hari Menanam Nasional’.

“Ada keinginan yang kuat, dari saya dan kepala balai (Kepala Balai Taman Nasional Berbak, Hayani Suprahman) untuk mewacanakan judul lagu dari album yang kami buat ini, yakni ‘Mari Menanam’ sebagai salah satu ikon lagu mars Kementerian Kehutanan kepada Menteri, pada puncak peringatan ‘Bulan Menanam Nasional’ pada bulan Desember 2012, dan peringatan ‘Hari Menanam Nasional’ pada bulan Nopember tahun ini,” harap Udin seraya menjelaskan.

Adapun sosialisasi kawasan wisata Taman Nasional Berbak lewat pembuatan album baru yang akan diluncurkannya ke pasar ini, papar Kang Udin, terdiri dari 10 buah lagu. “5 buah lagu tentang profil dan potensi yang ada di dalam kawasan Taman Nasional Berbak, dan 5 lagunya lagi bertemakan tentang pelestarian alam dan kepedulian untuk menjaga lingkungan kawasan hutan,” sebutnya.

Masing-masing ke-10 lagu dalam kompilasi album barunya kali ini, rinci Udin Ikhwanudin, yakni sebagai berikut :

1. Berbak Lestari.

2. Ragam Flora Berbak.

3. Ragam Satwa Berbak.

4. Hutan Gambut ‘Ku.

5. Pesona Rawa Gambut.

6. Murka Alam.

7. Bumi Menangis.

8. Akar Kehidupan.

9. Pohon Kehidupan.

10. Mari Menanam.

Sumber: Berita21.com

Afrizal/B21