BNNP Jambi Himbau Pengguna Jalan Tidak Gunakan Narkoba Saat Mudik Lebaran


Jambi, Berita21.com Menjelang lebaran Hari Raya Kemenangan Idul Fitri 1 Syawal 1433 H/2012 M, yang hanya menghitung hari lagi. Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jambi mengingatkan kepada seluruh masyarakat pengguna jalan untuk tidak mengkonsumsi narkoba dan selalu berhati-hati dalam berkendara saat mudik lebaran tahun ini.

Diungkapkan Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Jambi, Kombes Pol Drs Muhammad Yamin Sumitra kepada berita21.com diruang kerjanya, Kamis siang (16/08/2012) di Kota Baru, Kota Jambi. Dia menghimbau kepada seluruh masyarakat, terutama para pengguna jalan yang mudik ke kampung halaman untuk berlebaran bersama sanak keluarga dan saudara-saudara yang tercinta, senantiasa untuk selalu waspada dan berhati-hati dalam berkendara di jalan raya.

Pasalnya, tambah Muhammad Yamin, lebih kurang 173 orang sudah menjadi korban akibat kecelakaan lalu lintas di jalan raya pada 14 Agustus 2012. “Lebaran sebentar lagi, dimohon kepada saudara-saudaraku untuk tidak menggunakan narkoba, dan selalu berhati-hati, dan jangan ngebut dalam berkendara di jalan raya ketika mudik lebaran ke kampung halaman pada lebaran ini,” imbuhnya.

Kekhawatiran Muhammad Yamin ini, sangat beralasan karena akibat tidak waspada dan kurang berhati-hati dalam berkendara di jalan raya, menurut catatanya bahwa sejak 14 Agustus lalu, lebih kurang sebanyak 173 orang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

“Demi rasa cinta, kasih dan sayang kepada keluarga di kampung. Serta melaksanakan halal bi halal kepada seluruh keluarga tercinta di Hari Raya Idul Fitri ini (1433 H/2012 M). Maka saat kita di jalan, senantiasa harus juga memikirkan rasa cinta, kasih dan sayang ini di dalam melakukan perjalanan mudik lebaran ini,” paparnya.

Ditambahkan Yamin, kepada pengemudi kendaraan, menurutnya, mereka hendaknya harus juga berpikir dengan seluruh penumpang yang dibawanya harus selamat sampai di tujuan. “Jangan menggunakan narkoba, karena akan mempengaruhi waktu, dis ruang, dan mis panca indera sehingga mengakibatkan kecelakaan lalu lintas di jalan,” jelasnya.

Dalam upaya tindak penyelamatan kepada seluruh warga dan masyarakat pengguna jalan, khususnya kepada seluruh pengemudi bus angkutan darat dan angkutan umum saat mudik lebaran. Muhammad Yamin menegaskan untuk tidak mengkonsumsi narkoba pada saat arus mudik lebaran Idul Fitri tahun ini, dari dan ke wilayah Provinsi Jambi.

“BNN beserta instansi terkait dan pemerintah daerah Provinsi Jambi melakukan tes urine (tes air seni) dan tes kesehatan kepada seluruh sopir dan awak bus pada arus mudik lebaran ini, yang kita laksanakan bersama-sama dengan instansi terkait lainnya, seperti kepolisian dari Polda dan Polresta, dinas kesehatan, petugas dinas perhubungan, serta dari petugas BNN Kota Jambi dari masing-masing bidang di lokasi Terminal Alam Barajo (Simpang Rimbo Kota Jambi), Rabu 15 Agustus ini,” urainya menjelaskan.

Pada saat melaksanakan pemeriksaan tes urine, maupun tes kesehatan kepada 29 sopir tersebut, tambah Yamin, justru yang positif terindikasi mengkonsumsi narkoba hanya 3 orang. “Mereka itu, terindikasi ada yang menggunakan obat penenang, ganja dan ekstasi, dan kita laporkan kepada pemilik PO (Perusahaan Otobusnya) untuk diganti, dan tidak boleh membawa kendaraan. Kita ingin menyelamatkan warga masyarakat dan saudara-saudara kita, mereka bisa pulang dengan selamat sampai di tujuan saat berlebaran nanti,” jelasnya.

Sumber: Berita21.com

Afrizal/B21