Merasakan Terapis Jiwa Lewat Hobby Bonsai


Klub pecinta Bonsai di Provinsi Jambi kini mendapat tempat di hati sebagian masyarakat pemerhati tumbuhan yang dikerdilkan atau dipendekkan ke dalam pot kecil ini.

Supriyono, salah seorang pecinta tanaman Bonsai yang berhasil ditemui berita21.com, ia mengungkapkan hobi uniknya ini, menurutnya memelihara dan merawat tanaman Bonsai yang berada di sudut belakang halaman rumahnya yang sangat asri di daerah Nusa Indah, Kota Baru Jambi itu, dampaknya pun dapat memberikan nilai psikologis tersendiri. Disamping memberikan hawa sejuk, juga sekaligus merupakan salah satu terapis untuk memberikan ketenangan jiwa, serta kenyamanan bagi seisi rumah yang menghuninya.

Untuk merawatnya pun, tambahnya, sangat ‘fun’di hati, dan bahkan teman-teman maupun koleganya sesama pecinta Bonsai ikut juga membantu memberikan corak dan motif Bonsai yang indah dan menarik sesuai konsep ‘Go Green’ yang sekarang ini menjadi trendi topik untuk dirancang di dalam pot-potnya yang disengaja dibuat sesuai selera pemiliknya, tuturnya.

Supriyono –yang juga salah seorang anggota Persatuan Pecinta Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Jambi ini, dirinya menerangkan, salah satu Bonsai kesayangannya berhasil masuk kategori lima besar saat Jambi Expo 2012 di Kota Jambi. Supriyono menambahkan, diantara ratusan koleksi tanaman Bonsai yang dimilikinya itu, Bonsai Anting Putri inilah yang menurutnya sangat dia banggakan karena tanaman tersebut sangat khas dan ikonnya Bonsai Jambi.

Karena, sebutnya, Bonsai Anting Putri adalah ikon tanaman Bonsai asli milik tanah Jambi. “Bonsai Anting Putri, ikonnya Jambi. Bonsai Anting Putri ini, banyak sekali tumbuh di sekitar daerah pesisir Tanjung Jabung Barat dan Tanjung Jabung Timur. Dan, mudah mendapatkannya,” ungkap Supriyono.

Puluhan koleksi tanaman Bonsai yang dimiliki wakil rakyat dari Fraksi Partai Amanat Nasional (FPAN) DPRD Provinsi Jambi ini, diantara koleksi pribadinya, kata Supriyono, ia lebih menyukai tanaman Bonsai, seperti Delima Batu, Anting Putri, dan Bonsai Mustam.

Afrizal/B21