SMP 4 Kota Jambi Kerja Keras Raih ‘Adiwiyata’ Lingkungan Hidup


Untuk mempertahankan dan meraih kesuksesan ‘Adiwiyata Award’ pada 2012 ini dari Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia.

Pihak majelis guru dan pengelola sekolah serta anak didik dilingkungan Sekolah Standar Nasional SMP Negeri 4 Kota Jambi yang berlokasi di Jalan Abdul Muis, Kelurahan Lingkar Selatan, Kecamatan Jambi Selatan dalam mewujudkan sebuah sekolah yang berwawasan lingkungan dan sehat, semua pihak terus melakukan upaya-upaya nyata melalui beragam kegiatan partisipatif aktif, dan salah satunya berkerja keras mempertahankan dan mewakili Provinsi Jambi untuk tingkat nasional.

Salah satu indikator keberhasilan Sekolah Standar Nasional SMP Negeri 4 Kota Jambi meraih predikat sebagai Sekolah Berwawasan Lingkungan dalam program Adiwiyata kali ini, Kepala Sekolah Sekolah Standar Nasional SMP Negeri 4 Kota Jambi, Pirdaus kepada berita21.com, Kamis siang (04/10/2012), ia menyebutkan untuk mewujudkannya mesti mencakup empat hal pokok, meliputi; pengembangan kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, pengembangan kurikulum berbasis lingkungan, pengembangan kegiatan lingkungan berbasis partisipatif, serta pengembangan dan pengelolaan sarana pendukung sekolah yang ramah lingkungan.

Kegiatan ektra kurikuler untuk anak didik di sekolah, seperti ‘Green Commmunity’ dan ‘Creativity Club’ melalui gerakan ‘Penanaman Satu Orang Satu Pohon’ dan pemanfaatan sampah an-organik menjadi ciri khas sejak sekolah ini dibangun. Para peserta didik, baik guru dan anak didik nampak semangat untuk mewujudkan ambisi meraih ‘Go-Green School’ pada tahun ini. Untuk berperan dan ikut berpatisipatif, kata Pirdaus, seluruh siswa wajib menjaga keindahan sekolah dan kebersihan kelas.

Pirdaus berupa mendorong untuk keberhasilan terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolahnya dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan dilingkungan Sekolah Standar Nasional SMP Negeri 4 Kota Jambi.

“Untuk mewujudkan sebuah sekolah yang berwawasan lingkungan, seluruh pihak harus berkerja sama, baik itu komite sekolah, tenaga pendidik dan siswa untuk mewujudkan sekolah yang bersih dan sehat,” papar Pirdaus menambahkan.

Sekedar mengingatkan, Program Adiwiyata ini –merupakan salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia, dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

Sementara itu, makna dari Adiwiyata itu pun, yakni tempat yang baik dan ideal untuk memperoleh ilmu pengetahuan, norma, dan etika yang menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup menuju cita-cita pembangunan yang berkelanjutan.

Afrizal/B21