Asyiknya Liburan Ke Mifan Water Park Padang Panjang


Sumatera Barat, yang dikenal dengan alamnya yang sangat elok, menjadi salah satu tujuan pariwisata terfavorit di wilayah Indonesia Bagian Barat. Salah satunya, di Kota Padang Panjang –yang kita kenal selama ini hanya sebagai daerah transit atau persinggahan untuk makan, bila kita ingin ke Kota Padang, Pariaman atau Bukittinggi dan Batusangkar.

Dengan adanya destinasi wisata air terlengkap di Minang Fantasi (MiFan Water Park) dan Resort yang terletak di Village Padang Panjang (perkampungan Minangkabau) ini. Maka MiFan Water Park di Kota Padang Panjang, menjadi pilihan baru sebagai daerah destinasi pariwisata terbesar di Sumatera Barat dan juga terbesar di Sumatera, terlengkap kedua di Indonesia, setelah DuFan (Dunia Fantasy) di Ancol, Jakarta.

Berdiri diatas lahan seluas 9,8 hektar, lokasi yang alami dan udara yang sejuk di kaki pegunungan Bukit Barisan dan banyak lagi wahana air lainnya, MiFan Water Park mulai dibangun pada pertengahan 2006 lalu, dan mulai dibuka untuk umum pada Oktober 2008.

MiFan Water Park And Resort ini, dengan jarak perjalanan sekitar 1,5 jam dari Padang, menawarkan 11 wahana bermain, baik kering maupun basah. Diantaranya, Ferris Wheel, Bom Bom Car, Ufo, Jump Around, Mini Couster, Komedi Putar, Flying Fox, Cinema 4D, dan Bumper Boat. Objek Wisata Mifan (Minang Fantasy Water Park And Resort) ini merupakan ikon pariwisata Kota Padang Panjang saat ini.

Menurut General Manager MiFan (Minang Fantasy Water Park And Resort), M. Riswal menyebutkan MiFan ini, merupakan kombinasi antara miniatur Minangkabau, dengan arena permainan. Namun seiring berjalannya waktu, akhirnya ditambah beberapa fasilitas lain untuk menginap, seperti Cottage, Gazebo, dan Cabbana. Buah dari keseriu­sannya dalam “mengharga-matikan” segala aspek pelaya­nan, telah pula diapresiasi ‘West Sumatera Tourism Journalist Forum’. Desember 2008 lalu, Mifan Water Park And Resort Padang Panjang, mem­peroleh penghargaan bertajuk ‘The Best Tourism Object’.

Dengan adanya sarana untuk menginap ini, menjadikan MiFan Water Park And Resort Padang Panjang sebagai tempat tujuan wisata paling tepat terutama untuk liburan keluarga anda. Wahana andalan dari MiFan Water Park lainnya, diantaranya adalah ‘Kolam Ombak’ dan Cinema 4D (4 Dimensi).

Kedua wahana ini sangat jarang ditemukan di tempat-tempat wisata air lainnya di Indonesia, terutama di Sumatera, seperti halnya cinema 4D, kebanyakan di Indonesia umumnya hanya 3D (3 Dimensi).

Setelah lelah melakukan aktifitas seharian. Kitapun bisa dimanjakan dengan relaxasy yang disediakan di ‘Fish Therapy’. ‘Ikan-ikan Gara Rufa’kecil asal Turki ini, akan memakan sel-sel kulit yang mati, dan bisa mengobati penyakit kulit tertentu.

Anda juga bisa makan di restoran dan rumah makan khas Minang masakan Padang, yang terdapat di dalam komplek MiFan ini. Setelah merasa cukup, kitapun diantar dengan kereta wisata menuju pintu keluar, tanpa harus berjalan kaki. Sangat menyenangkan, bukan!!

Mifan Water Park ini, terdiri dari dua jenis wahana air dan arena bermain, masing-masing yaitu Water Park dengan wahana Kolam Ombak, Kolam Arus, kolam renang khusus wanita, Ember Tumpah, Slide Tower dan Kiddy Pool.

Drypark, dengan beragam fasilitas, seperti Bumper Boat, Bom-Bom Car, Ferris Whell, Mini Roller Coaster, Jump Around, Piring Terbang UFO, Carrousel.

Disamping sebagai kawasan bermain, Mifan Water Park And Resort ini juga dilengkapi dengan cottage, kereta wisata, panggung musik, camping ground, area Outbound, mushalla, klinik, ruang meeting, Rumah Makan Padang, restaurant, snack counter, toko merchant dan souvenir, peritas satelit dan yang lainnya. semakin menempatkan Mifan sebagai satu-satunya objek wisata terbesar, terlengkap dan termodern pertama di Ranah Minang.

Adapun beragam fasilitas wisata di MiFan Waterpak And Resort di Jalan Sutan Syahrir (Perkampungan Minangkabau Village), Silaing-Bawah, Kota Padang Panjang, Sumatera Barat ini, yakni :

1. Menara Seluncur setinggi 12 meter dengan panjang lebih dari 104 meter.

2. Seluncur 4 (Multi Racer Slide) jalur untuk balapan dan kegembiraan anda sekeluarga.

3. Kolam Arus, atau Sungai Buatan sepanjang 250 meter yang diberi nama ‘Batang Anai River’.

4. Kolam Ombak/Legend Beach, seluas 1.800 meter persegi. Disini ombak besar, tapi tidak ganas.

5. Kiddy Pool, kolam khusus untuk balita dengan kedalaman 40 centi meter dan dilengkapi sarana bermain untuk anak–anak, seperti seluncur dan air mancur berbentuk jamur dan badut.

6. Kolam Ember Tumpah, untuk bermain anak sepuasnya dilengkapi dengan seluncur, air mancur kecil-kecil dan tentu saja dengan air yang dapat tiba-tiba tumpah dari ‘ember raksasa’ diatas seluncuran, bisa memancing tawa dan kecerian.

7. Semi Olimpic Pool, diberi nama ‘Niagara Pool’. Kolam renang semi olimpic, dengan panjang ukuran 25 meter dan lebar 8 meter. Kolam ini bisa digunakan untuk perlombaan.

8. Kolam Wanita, diberi nama ‘Talago Puti’. Kolam ini merupakan kolam renang khusus untuk wanita remaja dan dewasa.

9. Jacuzy, kolam air panas untuk menghilangkan kepenatan serta penghangat badan yg sudah dingin karena mandi.

10. Bumper Boat, permainan perang-perangan dengan perahu karet yang dilengkapi dengan ‘Laser Gun’ diatas danau buatan seluas 2000 meter, pasti asyik dan seru. Let’s Have Fun Together at MiFan!!

(Diolah dari berbagai sumber).

Afrizal/B21

Sumber: Berita21